PENERAPAN MANAJEMEN MUTU TERPADU PADA MATAKULIAH DI JURUSAN TEKNIK SIPIL

Authors

  • Paulus Nugraha Faculty of Civil Engineering and Planning, Petra Christian University

DOI:

https://doi.org/10.9744/ced.2.1.pp.%2065-70

Keywords:

Manajemen Mutu Terpadu, pembelajaran, umpanbalik, Kuesioner Satu Menit, Gugus Kendali Mutu

Abstract

Paper ini dimulai dengan aplikasi Manajemen Mutu Terpadu di perguruan tinggi, terutama di jurusan Teknik Sipil, dan terfokus pada aspek pembelajaran. Kualitas pendidikan tidak dapat ditunda sampai akhir semester. Upaya-upaya perbaikan mutu selayaknya dilakukan jauh lebih dini. Pola "Kuesioner Satu Menit" dan kelompok Gugus Kendali Mutu diterapkan pada satu matakuliah di Jurusan Teknik Sipil Universitas Kristen Petra pada tahun 1997. Hasil menunjukkan bahwa TQM sangat membantu dalam memperbaiki mutu pembelajaran. Dosen tahu bagian-bagian mana yang kurang jelas, dan segera dapat diperbaiki pada pertemuan berikutnya. Mahasiswa juga menjadi lebih siap dan lebih memberikan perhatian pada matakuliah. Mahasiswa menjadi lebih aktif dan berinisiatif dalam kegiatan kuliah, dan dalam bekerja berkelompok. TQM dapat memperbaiki kualitas kelas besar.

Downloads

Published

2004-06-02

How to Cite

Nugraha, P. (2004). PENERAPAN MANAJEMEN MUTU TERPADU PADA MATAKULIAH DI JURUSAN TEKNIK SIPIL. Civil Engineering Dimension, 2(1), pp. 65-70. https://doi.org/10.9744/ced.2.1.pp. 65-70

Issue

Section

Articles